Mahasiswa Baru Harus Tahu! 3 Tips Penulisan Jurnal yang Baik dan Mudah!

Aksara Jingga
0

Table of Contents

    Mahasiswa Baru Harus Tahu! 3 Tips Penulisan Jurnal yang Baik dan Mudah! 

    Mahasiswa Baru Harus Tahu! 3 Tips Penulisan Jurnal yang Baik dan Mudah! - Arah, Area Jelajah
    var headings = document.querySelectorAll(".post-body h1, .post-body h2, .post-body h3, .post-body h4, .post-body h5, .post-body h6"); if (tocList && headings.length > 0) { headings.forEach(function(heading) { var level = parseInt(heading.tagName[1]); var listItem = document.createElement("li"); var link = document.createElement("a"); var text = heading.textContent; heading.setAttribute("id", "toc-" + text); link.textContent = text; link.setAttribute("href", "#toc-" + text); link.addEventListener("click", function(event) { event.preventDefault(); window.location.href = this.getAttribute("href"); }); listItem.classList.add("toc-level-" + level); listItem.appendChild(link); tocList.appendChild(listItem); }); // Batasi tinggi maksimum tabel konten agar sesuai dengan konten artikel var articleContent = document.querySelector(".post-body"); // Sesuaikan dengan kelas konten artikel var maxTocHeight = articleContent.getBoundingClientRect().bottom - tocList.getBoundingClientRect().top - 20; tocList.style.maxHeight = maxTocHeight + "px"; } else { // Sembunyikan tabel konten jika tidak ada judul tocList.parentElement.style.display = "none"; } });

    Sebagai seorang mahasiswa pasti akan dihadapkan dengan tugas menulis yang banyak. Tugas menulis pada perkuliahan bukan hanya seperti menulis cerpen atau puisi saja. Penulisan dalam dalam jenjang perkuliahan biasanya berbentuk makalah, esai, artikel ilmiah, hingga penerbitan di jurnal. 

    Penulisan pada jenjang perkuliahan biasanya bersamaan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Penelitian dilakukan dengan berbagai tujuan, dan cara yang berbeda. Hal tersebut harus disesuaikan dengan cara penulisan anda agar dapat lebih mudah dalam penyelesaiannya.

    Oleh karena itu sebagai mahasiswa baru diharapkan memiliki dasar kepenulisan yang baik. Hal tersebut akan sangat berdampak pada saat masa perkuliahan nantinya. Penulis makalah atau artikel ilmiah dilakukan dengan berbagai macam metodologi. Metode yang paling sering digunakan adalah dengan teknik perolehan data kuesioner. Lalu bagaimana cara penulisan jurnal yang baik? Ini dia 3 tips penulisan jurnal yang baik dan mudah!


    1. Buatlah Kuesioner dengan Pertanyaan Khusus

    Pembuatan kuesioner dengan jawaban yang merujuk akan memudahkan anda dalam mengolah data yang masuk. Hal tersebut sangat dapat membantu anda dalam proses analisis serta pembahasan pada tulisan anda. Dengan adanya jawaban yang telah khusus atau detail anda hanya akan perlu mengelompokkan data serta menguraikannya saja. Berbeda jika anda masih hanya memiliki jawaban secara umum, anda harus lebih mengolah data agar data tersebut dapat merujuk kepada satu tujuan yang jelas.


    2. Rumusan Masalah yang Sekiranya Dapat Terjawab dengan Metodologi yang Anda Pilih

    Pembuatan rumusan masalah adalah hal yang krusial, pembuatan rumusan masalah dapat dikatakan sebagai nyawa dari tulisan yang akan anda tulis. Karena tulisan anda akan menjelaskan atau menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang ada. Karena hal itu pertanyaan pada rumusan masalah harus disesuaikan dengan metode yang kalian pilih salah perolehan data. Seperti jika pada teknik perolehan data kuesioner anda dapat mengawali dengan kata bagaimanakah pendapat responden.


    3. Buatlah Tinjauan Pustaka yang Rinci

    Tinjauan pustaka adalah subbab dimana anda menaruh segala bacaan yang telah anda baca dengan topik yang sama dengan apa yang akan dibahas di dalam tulisan anda. Dengan adanya tinjauan pustaka yang rinci anda akan lebih mudah untuk mencari informasi-informasi terkait penelitian yang anda punya. Tinjauan pustaka juga bertujuan sebagai perbandingan akan hasil dari penelitian yang anda buat dengan penelitian terdahulu. Hal tersebut dapat menjadi pembelajaran dalam penelitian anda tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindarkan.


    Itu tadi 3 tips dalam penulisan jurnal yang mudah dan baik! Sampai bertemu dengan Mimin di artikel selanjutnya! Dan marilah bertumbuh beraksara bersama Jingga! Bye bye

    Tags

    Posting Komentar

    0Komentar

    Posting Komentar (0)

    #buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

    Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
    Ok, Go it!