Antusiasme Massa AMIN Mendominasi Hari Pertama Pendaftaran Calon Presiden, Ganjar-Mahfud Terlambat

Area Jelajah
0
Table of Contents

    Antusiasme Massa AMIN Mendominasi Hari Pertama Pendaftaran Calon Presiden, Ganjar-Mahfud Terlambat

    Antusiasme Massa AMIN Mendominasi Hari Pertama Pendaftaran Calon Presiden, Ganjar-Mahfud Terlambat [ Arah - Area Jelajah ]

    Arah - Jakarta, 19 Oktober 2023


    Pendaftaran hari pertama calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2024 diwarnai oleh tingginya antusiasme pendukung pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN). Ribuan pendukung dan simpatisan pasangan AMIN memenuhi jalan-jalan menuju kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, menyebabkan kendala dalam rombongan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang berangkat dari Kantor DPP NasDem.


    Anggota Badan Pekerja (Baja) AMIN, Syaiful Huda, meminta maaf kepada pihak-pihak yang mungkin merasa terganggu oleh antusiasme tinggi pendukung dan simpatisan mereka. "Antusiasme pendukung ini membuat AMIN kian bersemangat mengarungi kontestasi politik dalam Pemilu 2024," ujar Huda.


    Situasi ini juga memengaruhi pendaftaran pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang terlambat dari jadwal yang telah ditentukan. Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengeluhkan kepadatan pendukung AMIN yang membuat pendaftaran Ganjar-Mahfud terlambat.


    Menurut Huda, tim Baja AMIN telah memotong banyak agenda dari rangkaian prosesi pendaftaran pasangan AMIN karena dalam komunikasi awal dengan KPU disampaikan bahwa lembaga penyelenggara Pemilu hanya akan menerima pendaftaran satu pasangan dalam satu hari. Namun, komunikasi terakhir mengindikasikan bahwa ada pasangan lain yang akan mendaftar di hari dan tanggal yang sama.


    Huda membantah jika pasangan AMIN tidak disiplin dalam melakukan pendaftaran ke KPU. Pasangan AMIN telah memulai aktivitas pendaftaran sejak Subuh, tetapi keterbatasan waktu yang diberikan KPU, antara jam 08.00 hingga 11.00 WIB, akhirnya membuat prosesi pendaftaran terhambat.


    Politisi PKB ini juga mengungkapkan penyesalannya terhadap keputusan KPU yang terkesan tidak tegas menerima pendaftaran satu pasangan calon dalam satu hari. Menurutnya, hal tersebut seharusnya diwajibkan mengingat periode pendaftaran pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang cukup panjang, yakni 19 Oktober sampai 25 November atau selama 35 hari.


    "Dengan asumsi hanya ada tiga pasangan calon yang ikut kontestasi Pilpres, kami rasa KPU bisa menggalang kesepakatan dengan semua partai politik untuk menerima hanya satu pasangan calon dalam satu hari, sehingga mengurangi potensi gesekan antarpendukung calon. Dengan demikian tidak ada pihak yang merasa terganggu atau dirugikan," ungkapnya.


    Antusiasme massa AMIN yang mendominasi hari pertama pendaftaran calon presiden menjadi sorotan utama, sementara kendala teknis dalam pendaftaran Ganjar-Mahfud menciptakan kontroversi dalam proses awal Pemilu 2024.


    Sumber: Tribun

    Tags

    Posting Komentar

    0Komentar

    Posting Komentar (0)

    #buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

    Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
    Ok, Go it!