Misteri Keberadaan Firli Bahuri: Deputi KPK Tak Pastikan, Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Pekan Depan

Aksara Jingga
0

Misteri Keberadaan Firli Bahuri: Deputi KPK Tak Pastikan, Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Pekan Depan

 

Misteri Keberadaan Firli Bahuri: Deputi KPK Tak Pastikan, Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Pekan Depan [ Arah - Area Jelajah ]

Arah - Jumat, 20 Oktober 2023


Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur, hari ini, tidak dapat memastikan keberadaan Ketua KPK Firli Bahuri. Firli Bahuri, yang tidak hadir di kantor, diketahui tengah melaksanakan agenda lain yang belum dapat diungkapkan.


Menurut Asep, "Agendanya nanti ditanyakan ke ini ya, pimpinan itu kan punya agenda sendiri. Saya juga sebagai Plt Deputi ada agenda sendiri juga." Hal ini memicu banyak spekulasi dan tanda tanya mengenai keberadaan Firli Bahuri, terutama karena agenda pemeriksaan di Polda Metro Jaya.


Terkait indikasi bahwa Firli Bahuri mungkin berada di luar negeri, Asep mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada indikasi terkait perjalanan internasional tersebut. "Saya belum dengar ada agenda ke luar negeri. Kemarin ada Pak Tanak ke Cina dan sudah balik," ujarnya.


Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron telah mengatakan bahwa KPK telah meminta penjadwalan ulang pemeriksaan Firli dengan tembusan kepada Kapolri dan Menkopolhukam RI. Firli membutuhkan waktu untuk mempelajari materi pemeriksaan, mengingat panggilan baru diterimanya pada Kamis, 19 Oktober 2023.


Ghufron menjelaskan, "Lumrah itu mempelajari kasus. Pemanggilan itu terhadap seseorang untuk hadir di KPK misalnya, kalau itu agendanya sudah ada dan tak bisa hadir maka dijadwalkan ulang."


Menurut Asep, pemanggilan di KPK biasanya dilakukan minimal tiga hari sebelum jadwal yang ditentukan, dan surat pemanggilan telah diterima oleh pihak yang bersangkutan. Selain itu, pihak yang dipanggil diberi waktu yang cukup untuk menyiapkan diri dan mengumpulkan dokumen terkait pemeriksaan.


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak, mengungkapkan bahwa pemeriksaan terhadap Firli Bahuri dijadwalkan ulang pada pekan depan. Polisi memerlukan keterangan Firli Bahuri terkait perkara dugaan pemerasan yang melibatkan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).


Dengan keberadaan Firli Bahuri yang belum pasti, misteri dan spekulasi tentang situasinya semakin berkembang, sementara pemeriksaan terhadapnya dijadwalkan kembali untuk minggu depan.


Referensi: Tempo

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!